Share:

Ketika pikiran mulai penat dengan rutinitas serta hiruk pikuk dan bisingnya perkotaan, cara paling menyenangkan untuk membuatnya kembali rileks adalah dengan traveling. Baik itu menjelajah alam terbuka atau eksplorasi kota lain dengan segala keunikannya.

Apalagi, saat ini kita bisa dengan mudah memesan tiket murah untuk bepergian kemana saja dan dengan transportasi yang kita mau. Mulai dari pesawat, kereta, hingga bus yang bisa dipesan secara online. Akan tetapi, solusi pemesanan tiket yang praktis sekarang ini nggak menjauhkan seseorang dari mabuk perjalanan yang kerap terjadi begitu saja.

 
Mungkin hal ini terasa wajar, tapi disadari atau tidak, rasa mual, pusing, hingga muntah yang dialami saat mabuk menyerang bukan saja membuat diri kita tidak nyaman. Kejadian ini juga mengganggu orang-orang di sekitar.
Untuk itu, coba terapkan 5 tips efektif ini supaya perjalanan kamu tetap nyaman dan menyenangkan!

1. Makan secukupnya sebelum berpergian
Sebelum menempuh perjalanan jauh, usahakan perut nggak dalam keadaan kosong. Makan secukupnya sebelum berpergian cukup efektif untuk menahan rasa mual akibat keadaan jalan bergelombang di darat maupun pesawat mengalami naik turun ketinggian di udara.

2. Selalu bawa aromaterapi atau minyak kayu putih
Saat merasa mual, coba deh hirup aroma minyak angin atau aromaterapi. Hal tersebut menimbulkan rasa tenang dan nyaman selama perjalanan. Minyak kayu putih juga berguna untuk menahan hawa dingin yang menyerang. Kalau kamu memilih bawa aromaterapi, bisa dipilih aroma favorit kamu.

3. Hindari membaca buku atau smarphone dalam kondisi lama
Membaca terlalu lama saat berada di perjalanan sering menimbulkan rasa pusing bagi yang belum terbiasa. Ada baiknya, kamu mendengarkan musik atau beristirahat yang cukup sebelum memulai liburan Anda.

4. Berbincang dengan teman seperjalanan
Kamu nggak bisa tidur dan nggak membawa perlengkapan untuk mengatasi rasa mabuk perjalanan? Ajaklah teman atau orang di sekitar perjalanan kamu untuk ngobrol. Selain mengalihkan rasa mabuk, hal tersebut juga efektif untuk berbagi wawasan mengenai daerah yang dituju.

5. Melihat pemandangan luar
Kalau keempat hal tersebut dirasa tidak cukup untuk mengatasi rasa mabuk perjalanan, lihat dan nikmatilah pemandangan dari luar jendela. Kamu bisa menikmati perjalanan melintasi sawah, gunung ataupun langit yang luas. Sembari mendengarkan musik, kamu jadi bisa melihat dunia yang begitu luas.

Jadi, sekarang nggak ada alasan lagi kan untuk merasa takut atau malas selama perjalanan menuju tempat liburan? Jangan sampai kamu mendapat pengalaman yang tidak menyenangkan hanya perkara mabuk perjalanan ya!