Share:

Selain pendidikan formal, pendidikan nonformal juga penting buat lo ikutin nih geng. Pendidikan nonformal merupakan salah satu bentuk pendidikan yang dapat menambah dan melengkapi pendidikan formal. Dengan pendidikan nonformal, lo bisa dapet ilmu lebih yang nggak lo dapet dari sekolah atau lingkungan sekitar.

(Baca Juga: 7 Karakter Animasi Seram Ini Nggak Ada Lucu-Lucunya. Hiiii!)

Pendidikan nonformal salah satunya dalam bentuk kursus seperti kursus bahasa asing dan kursus keterampilan komputer serta aplikasinya. Dua kursus ini merupakan hal yang penting buat masa depan lo nih geng, apalagi sekarang kita udah masuk ke masa Masyarakat Ekonomi Asean (MEA).

(Baca Juga: Buah yang Diukir Ini Bisa Jadi Hiasan Unik Buat Acara Lho!)

Nah, apa aja sih 5 tips mempersiapkan kursus buat bekal lo di masa selanjutnya ini? Yuk liat!

Tips mempersiapkan kursus buat bekal lo di masa selanjutnya yang pertama adalah pilih tempat kursus yang udah lo tau seluk beluknya dan lo pengen juga

tips mempersiapkan kursus buat bekal lo di masa selanjutnya img via neisd.net
tips mempersiapkan kursus buat bekal lo di masa selanjutnya img via neisd.net

Saat lo memilih buat ikut sebuah kursus, lo harus ngerasa cocok sama tempat yang lo pilih karena lo harus ngerasa nyaman dan ngikutin semua pembelajaran yang dikasih sama tempat kursus lo.

Supaya lebih terkontrol, nggak ada salahnya kok kalo lo bikin jadwal buat kursus lo dari mulai waktu belajar sampe apa yang harus lo dapet selama lo kursus

img via practicecafe.com
img via practicecafe.com

Dengan lo bikin jadwal, lo jadi punya target atas apa yang udah lo jalanin. Saat lo punya target, lo pasti bakalan lebih bersungguh-sungguh deh geng!

Gunakan waktu yang lo punya dengan sebaik-baiknya ya, Polkageng!

img via blog.socrato.com
img via blog.socrato.com

Terkadang, lo pernah satu atau dua kali bolos kursus kan geng? Padahal seharusnya lo nggak lakuin itu. Karena selain sayang sama biayanya, lo akan ketinggalan materi yang bakal menghambat berjalannya kursus lo.

Kalo bingung, nggak ada salahnya kok kalo lo minta bantuan sama temen satu tempat kursus atau guru lo

img via bakken-young.com
img via bakken-young.com

Biasanya seseorang yang ngerasa sulit beradaptasi sama tempat baru tuh karena doi nggak mau bertanya saat lagi ngerasa kebingungan. So, jangan malu buat bertanya ya, geng!

The last but not least, saat lo udah expert sama kursus yang lo ikutin, nggak ada salahnya dong berbagi sama yang lain?

img via todaysparent.com
img via todaysparent.com

Nah, saat lo ngerasa udah jago sama sesuatu, jangan pelit untuk kasih ilmu lo sama temen yang lain ya. Dengan begitu lo nggak akan terbiasa buat sombong dan pasti akan siap kursus ke jenjang yang lebih tinggi.

Udah liat kan 5 tips mudah mempersiapkan kursus buat bekal lo di masa depan ini. Jangan lupa diterapin ya, Polkageng!