Share:

Untuk sebagian orang yang lagi butuh ketenangan atau sedang bad mood pasti buka handphone lalu mendengarkan musik atau lagu, setuju? Banyak banget genre musik yang bisa Polkageng pilih jika dua hal tersebut melanda, dari pop, rock, acoustic, heavy metal dan masih banyak lagi. Percaya enggak percaya, sebenarnya ada lho alunan alat musik tradisional Indonesia yang bisa kalian dengerin untuk mendapatkan ketenangan atau menghilangkan bad mood. Yakin enggak percaya? Check this out!

(Baca juga:Kalo Lo Hafal Lagu-lagu ini, FIX Lo Anak Warnet Banget!)

Kecapi dan Suling Sunda

vannteru.blogspot.co.id
vannteru.blogspot.co.id

Pas banget jika kalian pilih ini. Alunan suling dan petikan kecapinya memberikan nuansa seperti di saung dan berada di tengah hamparan sawah hijau sambil menyantap nasi, tahu, tempe dan sambal terasi. Rasa tenang dengan sekejap juga bisa kalian dapatkan dari alunan alat musik dari tanah Sunda, Jawa Barat ini.

Angklung – Sunda

kerajinanindonesia.id
kerajinanindonesia.id

Masih dari tanah Sunda, ada angklung yang ikut andil dalam memainkan suasana hati kalian. Alat musik yang diakui UNESCO sebagai budaya warisan asli Indonesia pada tanggal 18 November 2010 ini dimainkan dengan cara digoyangkan atau digetarkan. Angklung sendiri terdiri dari berbagai macam ukuran, dari yang sangat kecil (menghasilkan nada tinggi) sampai paling besar (menghasilkan nada rendah).

Sama seperti Kecapi dan Suling Sunda, suasana hamparan sawah hijau masih tetap menghiasi imajinasi kalian.

Rindik bambu – Bali

adi-kusuma123.blogspot.co.id
adi-kusuma123.blogspot.co.id

Tanah Bali enggak mau ketinggalan dengan hadirnya Rindik bambu. Sesuai dengan namanya, alat musik ini terbuat dari dari bambu dan bentuk yang sedikit berbeda dengan angklung. Disebut berbeda karena ukurannya lebih besar dan dimainkan dengan cara dipukul oleh dua buah tongkat.

Setiap alunan dari pukulan Rindik ini membuat susana hati menjadi sejuk dan damai. Emosi kalian yang awalnya memuncak dengan cepat akan menurun jika mendengarkan Rindik bambu ini.

Sape – Kalimantan Timur (Borneo)

istov.de
istov.de

Selamat datang di tanah Borneo khususnya di Kalimantan Timur, Polkageng. Alat musik yang cara memainkannya sama dengan gitar ini terbuat dari bahan kayu pilihan dengan kualitas terbaik. Fyi nih, senar yang digunakan pada awalnya menggunakan serat pohon enau atau aren.Tetapi sekarang menggunakan kawat tipis layaknya gitar.

Setiap petikan yang dihasilkan dari Sape ini begitu menenangkan jiwa. Di depan mata kalian seolah-olah banyak sekali pohon tinggi besar dan terdapatnya air terjun tinggi yang menunggu kalian.

(Baca juga:Lagu-lagu yang Sebenernya “Dibenci” Oleh Para Musisi Ini, Tapi Malah yang Membuat Mereka Terkenal)

Gimana, sekarang percayakan kalau alat musik tradisional Indonesia juga bisa menenangkan jiwa? Kalau kalian punya pilihan alat musik lainnya, boleh berbagi sama Polka di Sosial Media kita ya, geng.