Share:

Kalo lo lagi ngerasa sering berubah dengan cepat moodnya, pola pikirnya apalagi tingkah lakunya, lo mesti sedikit khawatir karena mungkin lo terkena depresi ringan yang menimbulkan kecemasan parah nih geng. Depresi merupakan salah satu penyakit psikologis yang bisa disebabkan karena banyak hal.

(Baca Juga: 7 Karakter Animasi Seram Ini Nggak Ada Lucu-Lucunya. Hiiii!)

Gejala yang ditunjukkan dari depresi ringan itu sendiri seperti sulit tidur, sulit makan, nggak bersemangat, sering merasa bersalah, dan selalu berpikir tentang kematian. Penyebab depresi ringan tuh simpel kok cuma karena nggak berpikiran positif, munculah perasaan-perasaan buruk yang berulang kali.

(Baca Juga: 5 Cafe Asik Buat Long Weekend di Puncak Nih. Sejuk Bray!)

Nah, coba deh sedikit kita ulas 5 cara mengatasi depresi ringan yang mudah dilakukan. Berikut caranya.

Cara mengatasi depresi ringan yang pertama adalah olahraga yang rutin ya geng!

Cara Mengatasi Depresi Ringan yang pertama adalah olahraga ringan img via clear.com
Cara Mengatasi Depresi Ringan yang pertama adalah olahraga ringan img via clear.com

Nggak usah olahraga berat kalo lo bukan orang yang terbiasa buat berolahraga. Lakuin olahraga ringan aja, yang penting bisa memicu otak lo untuk berpikir lebih positif karena oksigen akan lancar ngalir ke sekujur tubuh lo saat lo berolahraga.

Meditasi sekitar 30 menit sehari ampuh buat mengurangi depresi ringan lho!

Cara Mengatasi Depresi Ringan img via mastersalam.com
Cara Mengatasi Depresi Ringan img via mastersalam.com

Faktanya, meditasi memang berfungsi secara efektif mengatasi kecemasan lho, geng. Nggak sulit untuk melakukan meditasi kok, kuncinya adalah fokus!

Ubah pola hidup terutama pola tidur biar seimbang dan tidur lo jadi lebih teratur ya!

img via clear.com
img via clear.com

Karena salah satu gejala depresi ringan adalah insomnia, lo harus mulai ubah pola hidup apalagi pola tidur lo mulai dari sekarang. Saat tidur malam adalah waktu yang tepat untuk otak dan badan lo beristirahat dan berhenti bekerja.

Bicara sama orang yang dipercaya juga merupakan salah satu cara mengatasi depresi ringan juga ternyata!

img via clear.com
img via clear.com

Terkadang, lo harus coba untuk mengutarakan apa yang sedang lo rasakan dan meminta saran terhadap orang yang lo percaya. Setidaknya akan sedikit melegakan saat lo berani mengutarakan masalah lo pada orang lain lho!

Buat tujuan hidup yang mudah tapi jelas, jadi lo tau apa yang bisa lo lakuin kedepannya geng!

img via vindays.com
img via vindays.com

Saat lo mulai membuat sebuah tujuan meskipun tujuan lo simpel banget, setidaknya lo tau apa yang harus lo lakukan dengan hidup lo geng. Makanya mualai bikin schedule buat kedepannya ya!

Nah, 5 tips diatas bisa jadi referensi lo buat mengatasi depresi ringan yang mungkin pernah atau lagi lo rasain sekarang ya, Polkageng!