Share:

R&B menjadi salah satu musik chill out yang bisa bikin mood dari bete jadi senang, dari mager jadi makin semangat, dan yang paling penting jadi bikin lo ngerasa soulful. Salah satu penyanyi pioner kekinian dari R&B sendiri ada Bruno Mars yang musiknya selalu bisa diterima di kuping siapa aja dan berhasil memborong piala 60th Grammy Awards kemaren.

Musik Chillout yang diusung Bruno Mars emang terbukti membuat setiap orang yang mendengarnya jadi merasa semangat atau ikut beenyanyi. Namun, musik R&B enggak melulu Bruno Mars ada banyak banget musisi zaman now yang yang pilih R&B jadi jagoan mereka untuk bermusik.

Bahkan salah satu penyanyi muda berbakat yang menang Grammy Awards Alessia Cara mendominasi albumnya dengan genre alternatif R&B, dan banyak banget lagu dari genre ini yang akhirnya menjadi popular song dan terkenal dimana-mana.

Nah, buat lo yang mau coba-coba dengerin R&B, please check this top singer of R&B menurut Polka yang lagunya bikin adem hati, chill out saat macet, atua sekadar karoke asyik.

Daniel Caesar

c2b60dd309374dc3af2ce24edfc91874.1000x563x1
Cowok berkebangsaan Kanada ini tahun lalu mengeluarakan Album Freudian yang sungguh bakal bikin lo candu. “Get You” yang menjadi punggawa album bertajuk “Freudian” pun berhasil memikat para pendengar setia R&B. Suara khas Kali Uchis pada lagu ini menjadi salah satu daya tarik lagu yang liriknya agak “gimana” gitu. “Freudian” yang dikeluarkan pertengahan tahun lalu pun berhasil masuk nominasi Grammy Awards tahun ini, So Wish Him luck!

Bruno Major

bruno major

Kalau lo sering dengerin Teddy Adhitya pasti lo bakal ngerasa enggak asing sama suara si Bruno Major. Penyanyi Indie yang menetap di New York ini punya projek “A Song for Every Moon” yang setiap bulannya dirilis dimulai dari Agustus 2016 sampai Agustus 2017.

Lagu-lagu dari Album ini pun menjadi salah satu projek keren yang pernah dibuat olehnya. Bruno pun mengaku jika lagu “Easily” adalah lagu tersulitnya yang pernah ia buat “Lagu ini adalah lagu tesulit di projek ini, aku bahkan harus keluar kota dari New York untuk bisa menyelesaikan lagu ini”, ujarnya yang dikutip dari NME.com

Mac Ayres

MAC3

“I can say that loving you is easy
I dont need to prove a single thing
Somewhere along the way
I guess you got under my skin…”

Kutipan di atas adalah salah satu lagu paling hits dari Mac Ayres yang banyak digilai kaum kekinian. Musik-musik dari Ep Album of “Drive Slow” menjadi bukti kualitasnya dalam bernyanyi, bermusik, dan memproduseri sebuah musik R&B.

Sembilan track lagu yang ada di Albumnya bikin eargasm parah, padahal lagu-lagu Ayres itu punya aransemen yang tak lekang oleh waktu a.ka abadi macam lagu-lagu soulfull kebanyakan. Nah, buat lu pada yang mau dengerin, langsung aja buka Spotify terus search “Mac Ayres”.

Jorja Smith

jorja smith
Berusia 20 tahun Jorja Smith berhasil memikat para penikmat R&B dengan lagu-lagunya yang bikin Rileks. Cewek berkulit eksotis ini memulai debutnya dengan mengunggah “Blue Lights” di akun Soundcloud miliknya.

Suara khasnya yang unik pun akhirnya membawanya berduet dengan Drake dan mengeluarkan Project secara independent.Jorja juga menjadi salah satu penyanyi R&B kekinian dari Inggris yang memberikan sentuhan di setiap lagunya. “Beautifull Sadness” dan “On My Mind” ft Preditah masuk lagu R&B paling banyak didengar di Spotify tahun 2017. Di awal tahun ini pun Jorja mengeluarkan single “Let Me Down” yang lebih sendu dengan nuansa  elekktronik.

H.E.R

h.e.r
“She is so stunning and increadible mussisians,” Daniel Caesar said. Yups, Gabirella ‘Gabi’ Wilson as known H.E.R adalah penyanyi alternatif R&B yang  punya intuisi musik luwar biasah. Lagu-lagunya kayak “My Song” atau “Focus”  pasti langsung terbius sama suaranya pas petama kali dengar. EP pertanyana “H.E.R Volume 1” keluar di tahun 2016 dan sukses membuat selebriti dunia mengakuinya.

Salah satunya Rihanna yang pernah memposting soal lagu yang didengarkannya yakni “Focus” lagu milik H.E.R . 4 EP yang udah dikeluarin sma cewek 21 thaun ini juga mendapatkan respon positif di dunia per-R&B-an karena pernah asuk nominasi Soul Train Music Awards tahun 2017. Di Indonesia sendiri namanya terkenal karena lagu “Best Part” bareng Daniele Caesar.