Share:

Sebagai generasi yang lahir pada kisaran antara tahun 1980 hingga 2000an, secara kependudukan kita yang disebut sebagai generasi milenial punya pengaruh besar di berbagai bidang, termasuk perniagaan sampai politik. Generasi milenial sering dianggap arogan, namun berkreativitas sangat tinggi. Nggak heran kenapa milenial disebut sebagai generasi yang sangat efisien dan suka sama hal-hal yang serba instan.

 

Saking kreatif dan bebasnya, generasi milenial terkadang melupakan apa yang seharusnya mereka lakukan untuk masa depan atau hari tua agar hidup mereka lebih terjamin. Padahal kan penting banget, guys! Naaah, biar masa depan lo tetap happy, wajib banget nih merhatiin hal-hal penting ini!

 

Kurang-Kurangin Ngutang!

Kadang-kadang emang ngerasa perlu sih pake uang temen buat keperluan pribadi, apalagi kalau udah kepepet. Tapi, sebelum mutusin untuk berhutang, pikirin dulu deh kalo hal yang mau lo lakukan atau mau lo bayar bener-bener sepenting itu atau nggak, sampe harus ngutang segala. Daripada uang bulanan jadisering kepotong perkara uang, mending lo mulai atur hal-hal yang penting dan nggak.

 

Belajar Terus, Karena Belajar Tak Kenal Umur

Ya, belajar memang tidak pernah mengenal usia. Lo pasti pernah melihat orang tua yang akhirnya berhasil lulus dari bangku SD atau malah seorang anak berusia 11 tahun yang berhasil mengantongi gelar sarjana. Itu mengindikasikan kalau pendidikan nggak mengenal umur sama sekali, dan sangat penting untuk menghilangkan stigma “sudah terlambat” di kepala lo. So, selagi bisa belajar manfaatin deh, dijamin ilmu-ilmu yang lo dapat bakal kepake terus sampe tua.

 

Pelajari Bahasa Baru

Di era globalisasi seperti saat ini, salah satu hal yang perlu dikuasai oleh generasi milenial ialah mempelajari bahasa baru. Dengan mempelajari bahasa baru, dunia nggak akan terasa sempit karena lo dapat berkomunikasi dengan siapapun. Seenggaknya, lo mulai pelajari kalimat-kalimat dasar yang biasa dipake penduduk negara tertentu. Kalau nanti tarveling ke suatu tempat, lo jadi nggak bingung-bingung banget dan siapa tau bisa jadi temenenan sama warga di tempat lo traveling. Wah, pasti asik banget deh!

 

Bikin Orang Senang Itu Penting, Tetapi Jangan Terlalu Sering

Nggak perlu takut kalau ada orang yang nggak suka sama lo. Secara pada dasarnya manusia bukan makhluk sempurna, jadi wajar kalo ada aja yang nggak suka. Mulai dari sekedar nge-julid-in lo, atau bahkan berencana menghancurkan hidup lo. Ngeri sih, tapi nggak ada yang bisa ngejamin semua orang akan selalu menyukai lo meskipun  niat lo baik. Jadi, nggak perlu deh bersusah payah bikin orang lain senang terus, namun pedihnya lo mesti ngerelain kesenangan diri lo sendiri.

 

Persiapkan Asuransi

Siapa bilang asuransi cuma dibutuhin sama orang tua aja? FYI, asuransi juga salah satu bentuk persiapan awal untuk menikmati masa depan yang lebih menyenangkan. Sifat asuransi itu jangka panjang, inilah yang bikin lo punya tambahan ‘bekal’ di kemudian hari. Asuransi ada banyak jenisnya, mulai dari asuransi jiwa hingga pendidikan. Salah satu yang makin populer dan wajib punya adalah asuransi dari pemerintah, yaitu BPJS. Kalo lo pikir bayar BPJS ribet, lo salah banget nih. Karena sekarang bayar BPJS bisa langsung lewat aplikasi. Praktis, nggak pake keluar rumah!

 

Rajin Menabung

Generasi milenial cenderung tergoda dengan berbagai pengeluaran yang bersifat temporer. Hal kayak gini yang bikin milenial rentan terhadap pengeluaran yang nggak penting. Kalau saat ini lo belum punya uang simpanan atau investasi yang memadai, langsung deh tulis goals yang lo inginkan, terus mulai nabung yang disiplin. Karena nasehat orangtua kita sejak dulu untuk terus menabung, ternyata sepenting itu!

Inilah Hal yang Wajib Dilakukan Milenial
Sepenting Itu Kebahagiaan di Masa Depan