Share:

Aanak-anak modern dan kekinian jama sekarang emang jago banget soal bikin singakatan atau istilah-istilah baru. Banyak dari kata-kata baru yang diciptain akhirnya jadi standar gaul yang bakal selalu lo denger di tempat nongkrong. Karena efeknya semakin melebar, sekarang ini bukan cuma tempat nongkrong aja yang gunaik bahasa aneh bin ajaib tapi juga transportasi umum yang digunakan semua orang.

Transportasi umum saat ini enggak lepas dari istilah aneh, Polkageng. Dari mulai kereta, mikrolet, bus sampe ojek online juga punya bahasanya masing-masing yang entah buat apa fungsinya. Penasarn kan lo apa aja istilah yang sering digunain orang saat di transportasi umum? Cekidot aja langsung!

AnKer

via beritadaerah.co.id
via beritadaerah.co.id

Lo harus bisa bedain antara AnKer dan Angker ya Polkageng, karena dua kata itu artinya beda banget. Kalo angker itu biasanya digunain untuk menunjukan sesuatu yang mistis atau menyeramkan. Nah kalo yang satunya, Anker itu singkatan dari Anak Kereta ya kalao yang udah biasa naik transportasi rel ini pasti udah pahan dan familiar banget dengernya. Ada juga istilah lain buat mereka yang sering naik kereta yaitu Ager (Anak Gerbong).

4-6

via poskotanews.com
via poskotanews.com

Pernah denger nggak lo supir angkot sering bilang kata “4-6”? Kalo lo naik angkutan umum, contohnya mikrolet lo bakal sering denger istilah ini. Sebenernya istilah ini tuh artinya mengacu pada bangku pada mikrolet. Bangku sebelah kiri muat buat 4 orang dan yang kanan muat buat 6 orang. Si supir biasanya teriak kalo ada penumpang yang duduk lenggang padahal masih muat buat penumpang lain.

(Baca juga: Wah! Ada Arena Olahraga Dalam Transportasi Umum di Taiwan)

Numpe, istilah di transportasi umum ojek online

via suratkabar.id
via suratkabar.id

Sekarang ini alat transportasi yang paling banyak digunakan adalah ojek online. Selain bisa menerobos kemacetan, ojek online juga murah banget dibanding lo naik kendaraan lainnya, Polkageng. Ternyata di dunia ojek online juga banyak penggunaan istilah yang mungkin lo belom tau salah satunya “Numpe”. Udah tahu artinya? Kalo belom nih Polka kasih tau, Jadi “Numpe” itu singkatan dari “Nih Udah Mau Sampe”. Istilah ini biasanya dugunain si abang ojek buat kabarin penumpangnya.

Kiri Bang!

via suratkabar.id
via kompasiana.com

Istilah yang satu ini hamnpir semua orang pasti udah tahu. Kalo lo naik kendaraan umum kayak Bajaj, mikrolet atau bus saat mau berhentiin laju kendaraan pasti lo langsung teriak “Kiri Bang!”. Nah fungsi istilah atau kata ini emang gitu, Polkageng! Karena di Indonesia kendaraan pake stir kanan dan melajur di jalur kiri jadi kalo mau minggi ya otomatis kata yang disebutin itu “Kiri Bang!”. Beda kalo kejadian dengan negara Eropa yang stir mobilnya di kanan.

(Baca juga: Kumpulan Foto Suansa Saat Jam Sibuk di Berbagai Dunia. Riweuh Banget!)