Share:

Kali ini Polka bakalan ngebahas tentang perkuliahan nih, terutama jurusan kuliah. Sebagian dari lo kan ada yang duduk di kelas 3 SMA nih, Polkageng. Nah lo pasti lagi pusing kan menemukan passion lo di mana untuk melanjutkan studi lo di perkuliahan? Santai, Polka bahas semua.

Pada kesempatan ini, Polka akan bahas jurusan kuliah yang kadang tuh disepelekan sama orang sekitar. Loh kenapa disepelekan memang? Banyak deh faktornya. Faktor utamanya itu biasanya sih karena gengsi, sisanya karena emang “terlihat kurang menarik” di mata sebagian orang.

Kebanyakan yang sering disepelekan itu biasanya datang dari jurusan sosial gitu, Polkageng

Akan tetapi, jurusan-jurusan ini itu punya banyak prospek di masa depan yang kadang suka disepelekan gitu sih sama orang-orang termasuk mungkin lo yang belum sadar. Berikut ini jurusan yang masih disepelekan, tapi di masa depan ini tuh berguna banget ilmunya. Yap, inilah jurusan-jurusannya!

Pertama, Jurusan Kuliah yang Sering Disepelekan: Sastra China atau Bahasa Mandarin

Jurusan Kuliah c
sekarang udah banyak yang pilih jurursan ini via pexels.com

Yap,ini salah satu jurusan kuliah yang sering disepelekan tapi punya prospek yang bagus banget. Kenapa? Karena sekarang zaman globalisasi dan berkembangnya negara Tiongkok menjadi alasan utamanya, Polkageng. China atau Tiongkok itu sering bekerja sama dengan Indonesia dalam hal apapun. Maka itu, lo yang sekiranya punya basic ataupun nggak sama sekali bisa coba jurusan kuliah ini.

Prosepeknya, lo bisa jadi translator, editor, maupun kerja di perusahaan China. Nggak menutup peluang juga lo bisa menjadi seorang akademisi. Menarik lho jurusan ini!

Selanjutnya, Bahasa Korea. Karena Berkembangnya Budaya Pop Korea di Indonesia

Jurusan Kuliah kr
salurin hobi korea lo dengan kuliah di jurusan ini via pexels.com

Hampir sama dengan Sastra Cina, Korea pun begitu. Alasan lo harus mengambil jurusan ini sebagai kelanjutan studi lo karena berkembang pesatnya budaya pop Korea yang ada di Indonesia. Polka yakin lo semua suka kan sama drama Korea, K-Pop, atau sesuatu yang berhubungan dengan Korea. Nah seharusnya lo bisa ambil kesempatan ini. Prospeknya banyaaak.

Prospek, paling nggak lo bisa jadi orang yang nulis subtitle untuk bahasa Indonesia dari Korea, fashion stylist a la Korea, atau kerja di perusahaan Korea!

Ada Juga Jurusan Kearsipan yang Masih Dinomor duakan

Jurusan Kuliah Kear
ini juga punya prosepek yang bagus via pexels.com

Emang kurang populer jurusan yang satu ini, tapi kalo lo lebih jeli lagi terhadap jurusan kuliah ini. Polka yakin lo bakal ambil ini dan jalani sebagai seorang arsip. Kearsipan di beberapa kampus memang beda nama yang intinya sih sama. Mengarsipkan. Nggak hanya itu, lo pasti banyak dimintai orang atau institusi untuk mengarsipkan dokumen atau data-datanya.

Prospeknya, bisa jadi seorang pustakawan keren atau jadi seorang yang bekerja memenajemenkan arsip.

Keempat, Ada Jurusan Pariwisata

Jurusan Kuliah Kear
lo suka jalan-jalan? pilih jurusan kuliah ini aja via pexels.com

Kalo jurusan ini sih kayaknya cocok banget buat lo yang suka traveling dan jalan-jalan. Ditambah buat lo yang punya crictical thinking yang mampu menangkap apa yang bisa dan potensi tempat-tempat wisata yang lo alami. Atau lo bisa bikin tempat wisata sendiri dengan kemampuan lo. Tapi sayang masih banyak yang nggak mau ikut jurusan ini karena belum populer-populer banget. Selain harus suka traveling, lo juga orang rapi dan suka ketemu sama orang. Karena lo bisa tuh kerja di hotel-hotel

Prospeknya banyak banget, lo bisa punya travel agent sendiri, kerja di hotel, pemandu wisata lepas, dan masih banyak lagi. Enak kan jalan-jalan dibayar?

Lo Juga Bisa Masuk Ke Jurusan Kuliah Filsafat

Jurusan Kuliah fil
selo, baca dulu penjelasannya via pexels.com

Jangan langsung jiper kalo dengar kata filsafat, Polkageng. Ini sih emang dikhusukan buat lo yang demen baca, demen bertanya, dan demen menggunakan logika dalam segala hal yang lo lakuin. Selain itu juga prospeknya bagus.

Prospeknya, lo bisa jadi seorang konsultan, bisa jadi editor di buku, bahkan lo bisa jadi seorang penasehat.

(baca juga: Beasiswa Ke Luar Negeri Ini Memudahkan Loe Menggapai Mimpi)

Lo Tipe Orang yang Suka Bersosialisasi dengan Orang Lain? Jurusan Kuliah yang Cocok dan Kurang Diminati itu Sosiologi

Jurusan Kuliah sosio
lo bisa jadi seorang yang bikin survey via pexels.com

Yap, seorang sosiolog itu diperlukan untuk membenahi cara pikir seseorang. Karena sosiologi banyak mengambil pelaran dari interasi sesama manusia dan manusia. Dari situ, seorang mahasiswa sosiologi harus pandai untuk mengkritisi hal tersebut. Prospeknya pun nggak main-main

Prospeknya, lo bisa jadi seorang sosiolog, bisa bekerja di lembaga survey atau bikin perusahan survey, bisa menjadi seorang konsultan juga.

Kalo dari Saintek, Jurusan Kuliah yang Disepelakan yaitu Kehutanan

Jurusan Kuliah keh
Presiden Indonesia aja dari jurusan kehutanan via pexels.com

Banyak orang yang bingung, jurusan kehutanan nanti lulusnya bakal ngapain sih? Yha, banyaklah Polkageng. Lo itu akan meniliti bagaimana hutan bekerja, meniliti tanahnya, bagaimana kontur dan bagaimana merawatnya. Lebih pentingnya lagi, lulusan Kehutanan yang bakal bisa menjaga dan mengerti bagaimana seharusnya hutan yang baik. biar ngga ada lagi penebangan phon secara liar. Dan bumi bisa terselamatkan karena lo.

Prospeknya, lo bisa jadi konsultan, lo bisa jadi peniliti, lo juga bisa kerja di Lembaga Swadaya Masyarakat yang peduli terhadap hutan.

Yap, itulah beberapa jurusan yang kerap kali disepelekan namun prospeknya itu bagus banget buat di masa depan, Polkageng. Jadi, setelah baca ini jangan galau lagi ya. Lo cobain aja ini pasti lo sukses deh di masa depan. Asal, lonya sunguh-sungguh.