Share:

Selama hidup, sedari kecil kita sudah dituntut untuk hidup rapi. Jauh dari kesan berantakan yang selalu ibumu katakan. Jangan lupa beresin kamar, rapiin lemari baju, jangan buang sampah sembarangan. Pokoknya aturan supaya kamar nggak kotor-kotor amatlah yha. Apalagi handuk basah ada di atas kasur. Bikin murka.

Nah, punya kamar berantakan itu nggak selamanya buruk lho. Kabar mengatakan kalau kamar yang berantakan, tanda orang kreatif. Lho jadi, selama ini saya ini kreatif ya? Hebat. Itusih pasti jadi pertanyaan kalau lo ngeliat kamar lo sendiri pas sampe rumah.

Masih nggak nyangka kalau lo itu ternyata kreatif? Ternyata nih ya, emang bener. Kondisi kamar, tempat lo ngabisin malem minggu di rumah, adalah ruangan yang bikin lo kreatif.

Disebutkan oleh Kathleen Vohs dari University of Minnesota Carlson School of Management dikutip dari huffingtonpost.com kalau lingkungan atau dalam hal ini kamar yang berantakan bisa menginspirasi, menghasilkan wawasan baru, sebaliknya dengan lingkungan yang tertib hanya bisa bermain dengan aman.

Sementara itu penulis buku A Perfect Mess: The Hidden Benefits of Disorder, Eric Abrahamson dan David H. Freedman mengatakan kalau meja kerja yang berantakan adalah hal yang penting. Di sana inspirasi baru bisa didapatkan.

Gif via giphy
Gif via giphy

Tapi nih, ya sekali lagi, tergantung apa yang lo lakuin dulu di kamar. Kalau cuma tidur tiduran aja nggak ngapa-ngapain seharian, sebaliknya dengan lo yang melakukan tugas sekolah atau kuliah kemudian kamar jadi berantakan ya sah-sah aja.

Beda sama lo yang cuma tidur-tiduran megangin hp baca sms lama di kamar. Itu namanya males, bukan kreatif. Lagipula apa salahnya punya kamar bersih, tersusun rapi. Jadi nggak kena omel nyokap gara-gara handuk basah masih nempel di atas kasur kan.

Yang nyokapnya masih suka marah-marah gara-gara kamar berantakan, buru deh share artikel ini ke grup chat keluarga. Kali aja jadi nggak diomelin lagi. Dan paham sedikit kalau lo itu butuh inspirasi, ya dengan cara membiarkan barang-barang yang lo gunain untuk membuat suatu karya itu nggak ada pada posisinya alias berantakan. Nanti juga diberesin ke tempatnya lagi kok. Good luck!