Share:

Ternyata dalam kehidupan sehari-hari banyak lho hal yang secara sadar atau pun nggak lo melakukan kebiasaan buruk yang sebenernya nggak bagus kalo lo terus ngelakuinnya.

Kebiasaan buruk ini jadi masalah yang masih diperjuangin sama psikolog sampe saat ini, Polkageng. Misalnya kebiasaan sebelum tidur itu pasti lo nge-rewind apa yang udah kejadian hari ini. Dalam proses lo mengingat apapun yang udah terjadi di hari tersebut, pasti ada momen dimana lo bakal nyalahin diri lo sendiri.

Nah, kebiasaan kaya gini deh yang bikin hidup lo jadi waswas dan nggak bahagia. Polka mau ngasih tau nih kebiasaan buruk yang harusnya lo stop sekarang juga.

Membandingkan diri lo sama orang lain

kebiasaan buruk
via pexels.com

Dalam lingkungan kehidupan lo pasti ada seseorang yang lo liat punya sesuatu yang ‘lebih’ daripada diri lo. Ini nggak baik banget nih, Polkageng. Kelebihan orang lain harusnya lo jadiin inspirasi bukan malah sebaliknya. Semua orang unik kok, lo pun begitu.

(Baca juga: 6 Karakter yang Ada di Pertemanan Loe)

Nyalahin diri lo dalam sebuah kejadian

via pexels.com
via pexels.com

Sadar akan kesalahan yang lo lakuin emang hal yang bagus sih, Polkageng. Tapi penyangkalan diri ternyata juga dipake buat dapet banyak pujian. Nah, sekarang kalo lo ngerasa salah yaudah minta maaf aja, terima kesalahan lo jadi pelajaran. Lo nggak perlu ngomong, “maaf ya ini semua karna kebodohan gue.”

Pas ngeliat suatu hambatan, lo langsung jadi down dan ngelewatin sebuah kesempatan

via pexels.com
via pexels.com

Jangan pernah takut, Polkageng kalo saat lo punya satu tujuan dan ngeliat rintangan yang bikin hati lo goyah. Lo nggak bakal jadi susah kok kalo ngalamin suatu hambatan gitu. Malahan hidup bakal ngasih lo pelajaran berharga setelah ngelewatin rintangan, bahkan kegagalan sekalipun. Semangat!

(Baca juga: Ragam Respons Teman Saat Diajak Buka Puasa Bareng di Grup Chat)

Berpikir kalo nggak ada orang lain yang bisa melakukan lebih baik dari lo

via pexels.com
via pexels.com

Emang sih dalam melakukan sesuatu lo harus percaya sama kemampuan lo sendiri, tapi kalo over pede, itu nggak baik juga, Polkageng. Kalo lo over pede begini, wah udah sih, lo bakal ngeremehin kemampuan orang lain. Bayangin kalo kemampuan lo diremehin, nggak mau kan? Jangan sampe lo melakukan hal ini ya, Polkageng.

Membuang banyak waktu buat hiburan yang nggak penting

via pexels.com
via pexels.com

Kalo lagi sedih emang enaknya nyibukkin diri sih, Polkageng. Hal ini dilakuin supaya lo lupa sama alasan lo sedih. Biasanya sih ya, orang-orang lebih milih buat jalan-jalan ke mall terus belanja atau nonton acara TV gitu.

Tapi tau nggak kalo lo mendingan ngabisin waktu lo buat memperbaiki diri. Berkaca dari apa yang terjadi, ada baiknya kalo hal itu dijadiin energi buat ngubah hidup lo lebih baik lagi. Nggak semestinya lo buang waktu kaya gitu, Polkageng.