Share:

Dilihat dari letak geografisnya, pulau Palawan merupakan salah satu provinsi di Filipina dengan Puerto Princesa City sebagai ibukotanya. Memiliki luas mencapai hampir 15 ribu kilometer persegi, pulau ini memiliki beragam keindahan destinasi wisata, salah satunya adalah El Nido yang keindahannya terkenal hingga mancanegara.

 

palawan

 

Majalah pariwisata terkemuka di dunia yakni Travel and Leisure sendiri tiap tahun selalu merilis hasil survei 10 pulau terbaik untuk wisata dari para pembacanya. Beragam pertimbangan dilakukan, mulai dari pengalaman perjalanan, atraksi wisata, hingga fasilitas yang ditawarkan. Dalam pooling yang dilakukan bebrapa waktu lalu hasilnya menyebutkan negera Filipina memiliki lima pulau yang dianggap paling indah di Asia. Sedangkan Indonesia hanya memeperoleh rekomendasi dan tentu saja itu pulau Bali.

 

Lantas apa saja yang membuat pulau Palawan bisa mengalahkan keindahan Bali? Berikut fakta-faktanya.

 

Pulau terbaik di dunia

Pulau Palawan telah meraih gelar pulau terbaik di dunia oleh Travel + Leisure tiga kali berturut-turut. Selain menawarkan keindahan alam, Pulau Palawan adalah rumah bagi 600 jenis burung sehingga menjadi surganya para pecinta burung di dunia. Masyarakat yang tinggal di pulau ini pun terkenal sangat ramah kepada pengunjung sehingga membuat para wisatawan nyaman untuk kembali lagi dan lagi. Pulau ini bahkan berhasil mengalahkan Bali sebagai pulau terindah dengan pemandangan matahari terbenam dan terumbu karang terbaik di Asia, bahkan di dunia.

Keunggulan pulau ini Pulau Palawan jika dipotret dari sisi mana saja akan terlihat indah, punya pemandangan matahari terbenam terbaik, selain juga keindahan pemandangan bawah lautnya.

Palawan adalah pulau kapur yang sangat indah, airnya jernih dan nayamn untuk snorkeling, berbagai terumbu karang hiudp secara alami, dan kehidupan bawah laut yang beraneka ragam.

 

Spot Untuk Melihat Bintang

Pulau Palawan merupakan salah satu pulau yang masih asri di Filipina. Jauh dari hingar bingar ibu kota Manila dan kota-kota besar lainnya membuat Pulau Palawan bebas dari polusi cahaya. Di pulau ini cukup banyak tempat-tempat yang cocok untuk memandangi bintang dan pemandangan indah langt malam jagad raya. Wisatawan dengan mudah dapat pula memandang tatanan bintang dalam galaksi bimasakti.

Untuk memandangi bintang di pulau ini, wisatawan dapat pergi ke pantai Nacpan. Atau apabila menginginkan sensasi yang lebih cantik maka bisa pula mengunjungi Puerto Princesa di manapengunjung dapat menikmati gugusan bintang di langit sambil mengarungi hutan bakau bersama kunang-kunang yang berpendar indah.

 

Surganya para penyelam

Dikelilingi perairan biru yang jernih membuat Pulau Palawan menjadi surganya para penikmat wisata air. wisatawan dapat menyelam menyaksikan keindahan biota laut yang tersimpan di dasar laut. Pemandangan indah berupa bangkai kapal era Perang Dunia II yang kini menjadi tempat tinggal ikan barakuda di Pantai Corona pun bisa disaksikan. Atraksi lain adalah menyelam bersama ikan pari elang dan penyu laut di Pulau Pamalican, atau menyaksikan warna warni aneka jenis siput laut di El Nido.

 

Pantai yang indah

Palawan dikelilingi oleh pantai-pantai berpasir putih dengan air laut yang berpendar biru tosca. Pulau Palawan juga masih asri sehingga belum banyak polusi yang mengotori lautnya. Hal ini membuat air laut yang menyapu pantai-pantai Palawan sebening kristal. Di pantai-pantai Pulau Palawan juga terdapat berbagai resort yang menyediakan tempat terbaik menikmati senja. Pantai-pantai terbaik di Pulau Palawan antara lain Pantai Nagtabon, White Beach Port Barton, Seven Commandos, Banol, dan Nacpan.

 

Harga hemat

Kurs mata uang peso Filipina tidak berbeda jauh dengan kurs Rupiah Indonesia. Maka  tidak lah perlu khawatir akan lonjakan nilai tukar mata uang. Selain itu, penerbangan pulang pergi ke Filipina terbilang cukup terjangkau. Beberapa maskapai penerbangan seperti Scoot  yang menyediakan harga tiket pesawaat yang terbilang murah. Sehingga pulau ini jadi pilihan yang cocok untuk wisatawan yang sedang berlibur dengan budget terbatas