Share:

Mencontek emang pekerjaan yang menyenangkan sekaligus menegangkan, sih, Polkageng. Dan, yang harus loe ketahui, bahwa nyontek itu sebenernya bisa bikin tagih. Iyalah, nyontek bikin nagih karena loe terbiasa dengan sesuatu yang gampang.

Eits, beneran nyontek itu gampang? Ternyata engga juga loh. Dan nyontek itu merupakan cara belajar yang setengah-setengah. Maksudnya apa tuh? Iya sebelum lo nyontek kan lo menyiapkan strategi dan yang paling loe ngga sadar, loe itu sebenarnya juga belajar. Iya, loe belajar juga Polkageng.

Maka dari itu, Polka rasa mencontek itu sama sekali ngga efektif. Nah ini alasannya.

Mencontek dengan Cara Nyatet di Buku Catatan Kecil Bikin Loe Harus Baca Materi. Itu Sama Aja Loe Belajar Juga

Mencontek Itu Tidak Efektif BikinCatatan
Kalo nulis contekan di kertas gini sama aja loe harus belajar lagi, Polkageng via gsm-earpice.com

Dengan cara nyontek begini, sama aja loe belajar juga Polkageng. Iyalah, bahkan loe harus punya effort lebih ekstra. Pertama loe harus bikin catatan kecil dan baca itu. Kedua loe harus punya strategi khusus biar nyontek loe ngga ketahuan. Yah, kalo gitu mah sama sekali ngga efektif cara nyontek loe. Mendingan belajar aja gitu lebih keren dan elegan.

Kalo Loe Ngebet di Buku Juga Sama Aja, Loe Harus Baca Dulu, Harus Bulak-balik Halaman yang Rawan Terdengar Sama Guru Pengawas

Mencontek tu Tidak Efektif
Mencontek tu Tidak Efektif via rootsofaction.com

Loe ngebet dari buku juga sama aja loe belajar, polkageng. Coba nih ya loe baca bukunya sebelum ujian, pasti loe bakalan bisa. Lagian, nggak efektif banget tahu loe ngebet di buku atau LKS loe. Pertama, loe harus baca lagi dan bolak-balikin halaman. Kedua, guru pengawas loe bisa curiga kalo loe nunduk dan terdengar suara kertas. Jadi, mending budayakan membaca sebelum ujian aja.

Okedeh, Loe Dapat Contekan Alpabet yang Cuma Tinggal Salin Aja. Yakin Itu Jawabannya Bener Semua?

Mencontek Itu Tidak Efektif PilihanGanda
Yakin kalo dengan mencontek dan menyalin pilihan ganda gini udah bener? via watchdog.org

Sekarang, kebanyakan ujian emang menggunakan metode pilihan ganda gini. Jadi, buat para pencontek, merupakan sesuatu anugerah yang harus disyukuri. Tapi loe yakin kalo pilihan ganda yang asal loe salin itu merupakan jawaban yang sesunguhnya tanpa cross check?

Nah, akhirnya, biar loe yakin loe juga harus belajar dulu supaya bisa yakin abis itu baru cocok-cocokin. Tuh, sekali lagi, akhirnya loe belajar-belajar juga kan, Polkageng?

(Baca juga: Persiapan Ini Bisa Loe Gunakan Untuk Menghadapi SBMPTN)

Jadi, Bisa Dibilang Kalo Mencotek Itu Merupakan Cara Belajar yang Setengah-setengah

Mencontek Itu Tidak Efektif BelajarSetengah-setengah
Mencontek adalah kegiatan belajar yang setengah-setengah lawstudentatlas.org

Yap, kesimpulannya adalah mencontek itu sebenernya belajar-belajar juga, Polkageng. Cuman loenya setengah-setengah dalam melakukan itu. Emang ngga enak kok belajar itu, pahit. Tapi harus loe terus lakukan karena kan loe titelnya pelajar, ya kerjaannya belajar. Kalo emang mau nyontek, ya gapapa. Pikir lagi deh, sepertinya lebih seru dan elegan kalo loe mengerjakan sesuatu itu dengan hasil kerja keras sendiri. Iya, kan?

Jadi, sekarang tingkatkan lagi belajar loe, yang tadinya hanya setengah-setengah, jadi full dan berkualitas!