Share:

Seringkan dilema soal belanja barang yang bagus tapi budget enggak mendukung. Biasanya beberapa hal kayak gini tuh terjadi saat mau beli barang yang brandnya original. Hal kayak gini mungkin jadi alasan tersendiri, kenapa banyak orang memilih untuk membeli barang original daripada KW.

“Lebih ke pride sih, dan emang kalau lo pernah pakai sepatu kw pasti dari sol dan bentukannya aja udah pasti enggak nyaman,” Kata Agdzur salah satu orang yang selalu membeli sepatu original.

Istilah harga enggak mungkin bohong itu emang benar adanya. Namun, kadang itu jadi masalah tersendiri untuk kantong lo, apalagi untuk pelajar atau mahasiswa. Keinginan untuk membeli sebuah sepatu seharga 700 ribu bahkan hingga jutaan emang bisa bikin kantong lo jadi tipis sejadi-jadinya.

Makanya banyak orang yang kadang lebih memilih produk kw dengan label brand ternama agar merasakan efek pride dengan harga seminim mungkin. Arief yang saat ini menjadi mahasiswa semester akhir pun memilih untuk membeli Conver** imitasi dibandingkan original karena harga yang sangat mahal.

“Gue lebih milih beli di Ta*pur dengan harga yang jauh lebih murah, dibandingkan harus beli di Store,” “uangnya bisa gue pakai buat beli kaos atau jeans yang emang lagi gue butuhin,” Papar Arief.

Sebenarnya banyak cara sih, untuk bikin lo enggak beli produk bajakan luar. Cobalah beralih untuk beli produk original tapi buatan Indonesia. Salah satu alasan kenapa produk Ni**, P**a, atau yang lainnya mahal karena setiap produk yang lo beli itu kena pajak di Indonesia jadinya mahal luar biasa.

Produk buatan negeri banyak juga kok yang bagus. Semenjak dunia digital mulai berkembang, lo pasti sering banget beli produk lewat internet. Bahkan sekarang isi home dari TL(timeline) Instagram, atau media sosial lainnya enggak jauh dari yang namanya katalog jualan.

Enggak sedikit juga orang yang bikin akun baru untuk follow beberapa online shop yang super duper banyak ada di Instagram. Hal itu pula yang membuktikan kalau banyak podusen dari Indo yang punya barang kece dan berkualitas.

Salah satu merek sepatu Indonesia yang lumayan nyaman digunakan itu adalah League. Merek ini emang mengedepankan kualitas, pride, dan kenyamanan si pengguna. Berbagai macam jenis sepatu olahraga, Si League keluarin mulai dari sepatu futsal sampai sepatu kasual. Salah satu orang yang lumayan sering pakai sepatu League namanya Tia.

“Gue sih suka League karena modelnya bagus, mirip sih sama salah satu brand Amerika Serikat yang sangat terkenal, tapi seenggaknya enggak perlu beli yang palsu,” jelas Tia.

Brand macam League mungkin jarang dilirik sama lo. Tapi enggak ada salahnya beralih sama brand lokal yang kualitasnya kece dan oke dari pada beli brand luar tapi enggak original.

Celana Jeans Lokal Kece yang Menjadi Favorit di Eropa

icha numpang
Peter Says Denim Jeans via tokopedia.com

Ibarat anak-anak sans pada umumnya, celana jeans ibarat teman sejatinya setiap hari. Jeans jadi salah satu fashion item yang wajib dimiliki sama setiap insan. Merek seperti Levi** atau Le* menjadi faedah orang untuk beli jeans. Alhasil, banyak produsen di Indo menamakan produk jeans murah mereka dengan nama yang sama dengan merek luar.

Kesalahan konsep sedari awal ini membuat Indo dicap negara plagiat setelah China. Makanya nih, banyak pegiat muda Indonesia yang membuat brand celana jeans dengan kualitas sangat kece.

Peter Says Denim adalah salah satu brand jeans paling kece yang diimpor ke Eropa, harganya mungkin emang mahal. Namun, menjadi suatu kepuasan tersendiri saat lo beli produk lokal.

Mindset Soal Brand Indo Harus Lebih “Ditegakkan”

Pencinta barang-barang brand luar kadang harus bisa melihat lebih banyak sisi positif dari brand Indo. Enggak perlu produsen-produsen yang menciptakan barang sendiri, tapi coba sama merchandise yang dijual sama akun-akun IG kayak @proudtopostit. Kualitas dari merek terbaik produk lokal itu enggak kalah oke, dan konsep yang mereka buat juga enggak kalah menarik.

 

bete

Sebenarnya membasmi pembajakan itu sangat mudah. Jangan mulai dan menyalahkan orang lain, atau minta pertanggung jawaban sama pihak berwajib. Mulailah dari diri sendiri untuk lebih menghargai barang lokal dan enggak beli barang bajakan. Setelah itu jangan lupa influence-kan hal positif ke teman-teman lo untuk ikutan beli merek terbaik produk lokal yang punya kualitas juara.

 

Featured Image : Nizar Januar