Share:

Pasti sekarang loe lagi banyak pertanyaan di dalam otak loe harus milih jurusan atau universitas mana. Tenang, semua masa itu akan selesai ketika loe banyak cari tahu dan konsultasi ke kakak kelas loe. Polka paham banget, Polkageng, kalo loe lagi sibuk dan bingung banget mau nerusin kuliah di mana.

Loe juga bisa baca tips ini, Polkageng, kalo masih bingung. Emang hal kayak gini tuh bikin galau banget, tapi semoga ini bisa membantu loe semua ya…

Polka akan kasih plus dan minus dari masing-masing pertimbangan ini antara milih jurusan atau universitas.

(Baca juga: 7 Jurusan Kuliah yang Paling Banyak Diminati)

Milih Universitas

milih jurusan atau universitas via mystudyworld.com
milih jurusan atau universitas via mystudyworld.com

Banyak orang yang terjebak untuk mentingin universitas dulu daripada jurusan. Engga salah sih, wajar-wajar aja. Ya, emang kalo kita pilih universitas yang keren kan ngangkat juga tuh gengsi loenya. Tapi kadang kalo loe stuck milih universitas bikin loe ngejalaninnya jadi nggak sepenuh hati.

Jeleknya lagi, kalo loe cuma maunya universitas itu aja dan nggak ngebuka kesempatan buat universitas lain, loe bisa kecewa setengah mampus Polkageng.

Tapi enaknya tuh kalo loe mentingin universitas dan loe bisa masuk sesuai jurusan yang kita mau. Beuh, kalo kayak gitu loe bakalan berasa kampus milik loe. Maunya di kampus terus deh rasanya.

Terus kalo loe emang nanti dapat di universitas yang loe mau dan nggak jurusannya ngga sesuai, loe bisa banget kok  menyesuaikan karena biasanya universitas keren itu pergaulannya mendukung banget.

Milih Jurusan

Milih Jurusan atau Universitas via id.techinasia.com
Milih Jurusan atau Universitas via id.techinasia.com

Kalo milih jurusan itu sebenernya hampir nggak ada minusnya karena ya jurusan kan sesuai diri loe masing-masing. Pilihan yang tepat itu emang loe ikutin hati nurani untuk lepas gengsi loe yang cuma hanya karena ajang keren-kerenan di pertemanan loe. Lebih baik loe emang pilih jurusan aja mau di manapun universitasnya, Polkageng.

Tapi yang jadi masalahnya lagi, akreditasi jurusan yang loe mau di kampus satu dan kampus yang lain itu beda. Yang bikin susahnya ya itu, persaingan antar jurusan lintas kampus Polkageng. Nah, saran Polka sih loe harus cari jurusan yang akreditasinya bagus deh supaya apa yang loe dapatkan bisa jadi ilmu yang bermanfaat dan bisa diterapkan banget di kehidupan loe.

Makanya kadang orang yang milih jurusan itu harus ke universitas yang bayaran semesternya mahal demi dapet ilmu yang bagus sekalian. Bahkan ada yang harus keluar negeri segala.

Tapi semua itu bakalan worth derserve kok Polka jamin.

Jadi, Milih Jurusan atau Universitas Aja Nih?

milih jurusan atau universitas via moi-kusman.blogspot.com
milih jurusan atau universitas via moi-kusman.blogspot.com

Nah, kalo saran Polka sih loe mending lebih penting pilih jurusan Polkageng. Pilih jurusan yang bener-bener sesuai kemampuan dan passion loe dalam berkarir nanti. Biar loe ngejalaninnya bener-bener totalitas tanpa batas. Syukur-syukur loe bisa diterima di jurusan yang loe mau dan di universitas yang keren-keren itu.

Oh iya, biasanya orang salah jurusan itu karena mereka mentingin universitasnya. Dan ada juga yang mentingin masuk negeri dibanding universitas swasta, Polkageng. Akhirnya ya yang udah Polka bilang tadi, ngejalaninnya setengah-setengah.

Sekali lagi Polka saranin, mending loe semua lebih mentingin jurusan yang bener-bener loe mau supaya loe bisa jadi expert. Pada intinya, semua kampus itu sama aja kok tergantung loe bagaimana menjalaninya. Sekarang jangan bingung-bingung lagi yaaa…