Share:

Hidup bisa lebih mudah kalo ada aja kertas contekan dengan jawaban yang ngasih tau lo apa aja yang harus dilakuin pas situasi lagi sulit-sulitnya. Tapi kenyataannya hidup nggak semudah itu, Polkageng. Apalagi dalam menjalin hubungan ke sesama.

Sebenernya banyak kok hal yang bisa lo lakuin atau sebaiknya nggak usah lo lakuin kalo terjebak dalam situasi yang bikin lo gundah gulana. Sebaiknya, lo ketahui nih beberapa peraturan dalam hubungan yang mestinya nggak lo langgar.

Peraturan dalam hubungan emang nggak pernah tertulis di mana-mana kaya peraturan sekolah yang menghiasi setiap sudut tembok. Makanya Polka mau kasih tau nih biar hubungan lo tetep harmonis.

Lo nggak bisa bikin seseorang cinta sama lo

via pexels.com
via pexels.com

Seseorang yang hadir dalam hidup lo, nggak punya kewajiban buat membalas cinta lo sebesar apapun cinta lo kepada doi. Lo pasti nggak bakal bisa mencintai orang yang cinta banget sama lo kalo emang lo-nya nggak suka sama mereka. Setuju nggak?

Jadi hormati perasaan orang lain, lo nggak bisa maksa orang itu buat cinta lo balik. Mungkin dengan lo memperbaiki diri, doi bakal punya keputusan sendiri lo layak nggak menerima perasaannya.

Saat lo dicintai, lo akan merasakan itu

via pexels.com
via pexels.com

Setiap orang pasti punya caranya masing-masing untuk nunjukin perasaannya. Lo akan ngerasain kok dari hal kecil yang mereka lakuin terhadap lo. Dari caranya menghabiskan waktu bersama lo, ngasih perhatian, menjaga lo, ya gitu deh, lo akan merasakannya sendiri sekalipun doi adalah orang yang cuek, dingin, dan super nyebelin.

Tapi kalo pasangan lo punya waktu yang sedikit buat lo, nggak apa kok buat utarain kalo lo nggak bisa begini terus dan cari jalan keluarnya bareng-bareng.

Peraturan dalam hubungan yang paling penting adalah untuk mencintai diri lo sendiri sebelum mencintai orang lain

via pexels.com
via pexels.com

Mencintai diri lo sendiri itu bukan tindak keegoisan. Mencintai diri sendiri juga bukan berarti lo naro mahkota di atas kepala lo sendiri. Mencintai diri sendiri adalah kepedulian atas harapan dan perasaan lo.

Kalo lo mencintai diri sendiri, lo nggak bakal mengkhianati diri lo demi kesenangan orang lain yang belum tentu peduli sama lo. Dari mencintai diri lo sendiri, lo juga akan mencintai orang lain dengan rasa hormat dan nggak bakal bikin pasangan lo melakukan sesuatu yang bertentangan sama keinginan mereka.

Jangan nahan orang yang udah nggak cinta sama lo

peraturan dalam hubungan
via pexels.com

Kejam sih kedengerannya ketika seseorang yang lo cinta harus memutuskan buat pergi. Keinginan buat nahan pasti ada, tapi ini adalah kesalahan besar.

Lo nggak bisa mengutak-atik keputusan doi. Pilihan lo cuma dua, mau terus terjebak dalam kesedihan atau mulai berjalan dan bertemu dengan hal baru?