Share:

Polkageng, lo tahu nggak kalo dulu tuh pernah ada tukang keliling melegenda. Iya, maksudnya tuh ada orang yang jualan ke komplek rumah atau kampung-kampung. Tanya nyokap atau bokap lo deh, pasti tau tukang-tukang ini dulu sering bergentayangan.

Yap. Semakin canggih zaman berarti semakin mendapatkan kemudahan dalam hal apapun. Apalagi sekarang zamannya teknologi dan internet, sudah pasti banget semuanya dimudahin. Teknologi berkembang, akses juga jadi banyak, dan barang kebutuhan makin menjamur.

Nah makanya tukang-tukang ini tuh juga semakin digeser keberadaannya karena kemudahan dan akses yang lebih baik dari sekarang. Ngomong-ngomong, tukang keliling melegenda ini apa kabar ya? Apa lo pernah tau mereka bergentayangan zaman dulu?

Emang tukang apa aja sih? Ini nih…

Dulu pernah ada tukang keliling melegenda yaitu tukang abu gosok keliling

Tukang Keliling Melegenda
masih ada nggak ya mereka ini via detik.com

Sebelum sekarang banyak barang yang canggih, pernah ada menjadi legenda seorang tukan abu gosok, Polkageng. Nah asal lo tahu kalo abu gosok itu banyak lho manfaatnya untuk membersihkan peralatan rumah, kaca atau cermin dan sebagainya. Entah kenapa, abu gosok ini udah jarang banget ada.

(Baca juga: Beda Zaman, Beda Obrolan. Inilah Perbedaan Topik Obrolan Antara Generasi Milenial dan Generasi 90an!)

Tukang gosok baju keliling

Tukang Keliling Melegenda
tukang gosok baju kelliing via kendaripos.com

Yap semacam tukang jahit keliling, cuma ini tukang gosok keliling, Polkageng. Sepertinya sih di beberapa daerah tukang ini masih ada ya. Biasanya kalo ibu-ibu mager tuh mereka mending menyetrika bajunya tuh di sini. Lo tertarik nggak strikain baju? Anak kos perlu banget nih…

Selanjutnya ada tukang game keliling. Ini Polka pernah nyobain nih!

Tukang Keliling Melegenda
mantep dah ini seru banget main ginian sejamm seceng via gamewatch.com

Pernah nggak lo main ginian? Eh tapi masih ada deng di beberapa sekolah atau kampung. Soalnya, Polka pernah main ginian iseng. Seru deh mainnya bareng anak kecil gitu. Sejam seceng gitu, Polkageng,. Biasanya yang dimainin itu kek nintendo ds, psp, atau gameboy.

Ada juga tukang gas korek api keliling

Tukang Keliling Melegenda
sekarang udah nggak ada soalnya koreknya sering ilang diambil temen tongkrongan via damniloveindonesia.com

Ini legenda nih. Sering banget deh dulu bergentayangan dari rumah ke rumah nawarin jasa gas. Sekarang, korek gas dah dijual banyak dan bahan bakunya pun gampang didapat gitu, Polkageng. Makanya udah jarang nemuin nih.

(Baca juga: Tips Akhir Bulan Ini Bikin Lo Bisa Tetap Mewah dan Eksis Meski Kantong Tipis)

Nah tukang keliling melegenda satu lagi yang sudah hampir punah tukang patri alias tukang tambal panci

Tukang Keliling Melegenda
diperlukan oleh ibu-ibu nih sekarang udah jarang via tempo.com

Wah tukang ini sakti banget deh, Polkageng. Soalnya bisa menambal panci yang bolong, bisa juga membetulkan panci yang penyok. sayang, sekarang udah jarang banget ditemui. Padahal berguna banget daripada harus beli baru mending pakai jasa ini ya..

Nah itulah beberapa profesi yang melegenda banget, Polkageng.