Share:

Ramadhan Jazz Festival 2017 bakalan hadir lagi nih, Polkageng. Seperti biasa, acara ini diadakan di Masjid Cut Meutia sebagai cara Ricma untuk memeriahkan dan menyambut bulan suci Ramadan 1438 H. Oh iya, festival jazz ini akan diselenggarakan pada 09-10 Juni 2017 nanti.

Sedangkan acara ini diinisiasi oleh Remaja Islam Cut Meuria (RICMA) dan Warta Jazz. Warta Jazz sendiri itu merupakan sebuah eko system musik jazz di Indonesia, Polkageng.

“Ramadhan Jazz Festival merupakan social activity yang dikemas  dengan festival musik dan disisipkan unsur dakwah di dalamnya,” ujar M. Derisman Nugraha yang bertindak sebagai Project Officer Ramadhan Jazz Festival 2017.

Kalo lo mau ikutan dateng, lebih baik lo shalat berjamaah aja dulu sih di sana, Polkageng, Soalnya, acarnya digelar setelah shalat Isya dan Tarawih berjamaah di Masjid Cut Meutia. Beuh, kombinasi yang cakep banget. Setelah dapet siraman rohani dari kultum saat tarawih dan dapatkan berkah setelah shalat, lo langsung bisa menikmati suguhan music jazz yang asyik di plaza Masjid Cut Meutia. Keren, kan, konsepnya?

(Baca juga: Hamka 9, Cara Membebaskan Ekspresi a la Kantin Sastra SMAN 1 Bekasi)

Nah acara ini juga nggak ada tiket masuk kok, Polkageng. Lo cuma disuruh bawa donasi, berapapun itu, sebagai ganti uang tiket masuknya. Uang dari lo itu bakalan dikumpulin dan disalurkan dalam bentuk sumbangan berupa alat tulis, seragam sekolah dan peralatan sekolah lainnya untuk siswa Madrasah Ibtidaiyah Hidayatysshibyan.

Cakep nggak? Lo dapet hiburan menjelang sahur serta bisa juga amal di bulan yang suci ini. Acara ini juga nggak cumann buat yang muslim aja kok, semua agama juga bisa ikut!

Dari pihak WartaJazz, Agus Setiawan sebagai inisiator Ramadhan Jazz Festival mengatakan bahwa Ramadhan Jazz melakukan pendekatan yang sama sekali berbeda dengan pertunjukkan musik Jazz lainnya sehingga acara ini sangat menarik. “RJF merupakan sebuah ikhtiar dari WartaJazz untuk anak-anak muda Indonesia. Sebuah program Jaz yang memperkaya khasanah musik (Jazz) dunia,” ujar Agus Setiawan Basuni.

Ramadhan Jazz emang sengaja dibuat sebagai bentuk kegiatan sosial dan media dakwah pada bulan Ramadan

Ramadhan Jazz Festival via instagram.com/ramadhanjazz
maliq bakalan ngisi di ramadhan jazz via buset-online.com

Ramadhan Jazz tahun ini memang sangat erat kaitannya dengan kegiatan sosial. Tahun ini bersama dengan komunitas 1000 guru, Remaja Islam Masjid Cut Meutia (RICMA) ingin lebih peduli dengan masalah pendidikan demi terciptanya pendidikan yang baik.

Menurut catatan panitia di acara sebelumnya dana yang terkumpul sejumlah Rp. 32.000.000 dan 68 kantong darah yang disalurkan ke PMI.“Tahun ini harapannya donasi bisa mencapai  250 juta rupiah tapi tergantung nanti pas di acara” Jelas Amira, Vice Project Officer.

Nggak hanya itu, ini juga salah satu media dakwah, Polkageng.

Pengisi acara yang bakalan bikin Pecah Ramadhan Jazz Festival 2017

Ramadhan Jazz Festival via instagram.com/ramadhanjazz
Glenn Fredly juga via manada.tribunnews.com

Menurut Polka, bintang tamunya ini gokil-gokil banget sih. Ricma dan Warta Jazz bener-bener serius ngegarap event ini, Polkageng. Lo bakal disuguhin sama notasi jazz semalaman dan polka rasa lo nggak akan sadar kalo bentar lagi bakalan mau sahur.

Bayangin aja, Ramadhan Jazz kali ini tuh menampilkan musisi-musisi jazz yang legend mula dari Fariz Rustam Munaf Kwartet, drummer Jazz senior Karim Suweileh yang terkenal bersama kelompok Bhaskara. Ia akan tampil bersama gitaris muda Tiyo Alibasjah.

Penyanyi yang terkenal lewat lagu “Karena Kutahu Engkau Begitu”, Andre Hehanussa juga akan menemani penonton di panggung nantinya. Yang tak kalah seru dan pastinya menjadi salah satu favorit anak muda adalah Glenn Fredly, Maliq & D’Essentials, Teddy Adhitya, Soulvibqe, Mondo Gascaro dan Alvin Ghazalie Dua Empat.

Tentunya ada beberapa kolaborasi yang bakal dihadirkan seperti Tiyo Alibasjah yang janjikan akan menampilkan sebuah musik khas irama samba. Ada juga penyanyi Jazz melayu asal Singapura, Rudy Djoe yang akan berkolaborasi dengan Rio Moreno Quintet

Jadi, lo nggak rugi deh kalo datang ke acara ini, Polkageng. Kalo datang, jangan lupa bawa donasi juga ya…

Semoga sukses ya acaranya Ricma dan Warta Jazz!!!