Share:

Gema Ramadhan adalah kegiatan rutin yang diselenggarakan oleh Remaja Islam Masjid Cut Meutia (RICMA) untuk memberikan wadah kepada masyarakat khususnya anak muda agar mengisi kegiatan positif yang di bulan Ramadhan. Gema Ramadhan 1439 H menghadirkan rangkaian acara yang dapat meningkatkan nilai-nilai Islam di kalangan pemuda muslim saat ini. Tema yang kami usung untuk Gema Ramadhan tahun ini adalah Ramadhan Iqra yang bertujuan untuk memberikan edukasi kepada pemuda muslim bahwa Islam mencakup semua aspek kehidupan agar tidak keluar dari ajaran agama Islam. Ramadhan Iqra diimplementasikan ke dalam beberapa rangkaian acara, di antaranya:

Islamic Edu Trip (Sabtu, 5 Mei 2018)

Sebuah kegiatan yang diselenggarakan dalam bentuk karyawisata dengan mengajak anak-anak kecil dari berbagai Panti Asuhan dan Yayasan untuk mengunjungi Masjid Istiqlal dan Monumen Nasional di DKI Jakarta. Sehingga kegiatan ini dapat memberikan edukasi terhadap anak-anak mengenai sejarah Islam maupun Nasional serta sebagai sarana pembelajaran yang menyenangkan bagi mereka. Selain itu, terdapat creative class dalam  salah satu rangkaian acaranya guna meningkatkan kreatifitas para peserta dalam menyalurkan bakat kreatif mereka.

 Lintas Agama (Sabtu, 12 Mei 2018)

Sebuah kegiatan yang diselenggarakan dengan mengajak para pemuda dari berbagai agama untuk ikut serta dalam meningkatkan kebersihan dan kesehatan yang dapat bermanfaat bagi lingkungan warga sekitar sebuah perkampungan di daerah Tanah Abang. Diharapkan Lintas Agama juga dapat meningkatkan nilai toleransi dan menciptakan keharmonisan antar umat beragama.

RICMA Fair (Jumat, 1 Juni 2018)

Sebuah kegiatan “pasar murah” yang menyediakan barang-barang kebutuhan dengan harga murah dan meringankan masyarakat kurang mampu dalam memenuhi kebutuhan mereka dalam menyambut Hari Raya Idul Fitri. RICMA Fair dilaksanakan di Pelataran Masjid Cut Meutia, Menteng, Jakarta Pusat.

RICMA Camp (Jumat – Minggu, 1 – 3 Juni 2018)

Sebuah kegiatan yang diselenggarakan dalam bentuk pesantren kilat dengan menghadirkan Ustadz serta pembicara yang interaktif untuk memperdalam ilmu Islam dan berbagai cabang ilmu di bawahnya dari berbagai perspektif. RICMA Camp ditujukan untuk remaja Islam di DKI Jakarta dan sekitarnya, dengan range usia 16 – 22 tahun, dimana kegiatan ini juga memiliki tujuan sebagai wadah kaderisasi anggota RICMA. Rangakaian acara RICMA Camp secara mayoritas dilaksanakan di Masjid Cut Meutia, Menteng, Jakarta Pusat.

Berbagi 1.000 Mushaf Al-Qur’an (Selasa, 5 Juni 2018)

Berbagi 1.000 Mushaf Al-Qur’an merupakan sebuah kegiatan yang diselenggarakan untuk mengingatkan umat muslim pentingnya membaca Al-Quran yang merupakan pedoman hidup. Selain itu acara ini juga mengajak umat muslim untuk mendonorkan sedikit rezekinya dalam bentuk uang maupun Al-Qur’an melalui channel-channel yang disediakan oleh panitia pelaksana, yang nantinya hasil yang terkumpul akan dibelikan Al-Qur’an dan disalurkan ke mushalla serta jama’ah yang membutuhkan. Puncak rangkaian acara Berbagi 1.000 Mushaf Al-Qur’an adalah menghadirkan penceramah yang akan membahas hal-hal yang berkenaan dengan Al-Qur’an dan sosok inspiratif yang melakukan hijrah karena mendalami ayat-ayat Al-Qur’an.

I’tikaf (5 Malam Ganjil Terakhir Ramadhan 1439 H)

I’tikaf diselenggarakan untuk mewadahi umat muslim yang ingin “berdiam diri” di Masjid Cut Meutia, sebagai bentuk memperbaiki hati dan serta memaksimalkan ibadah yang dilakukan selama Bulan Ramadhan. Selain itu salah satu rangkaian acaranya adalah menghadirkan para penceramah yang akan memberikan pemahaman lebih mengenai hal-hal yang berkenaan dengan Islam, sehingga nantinya jema’ah yang hadir dapat melaksanakan I’tikaf dengan nilai tambah berdasarkan pemahaman yang diberikan oleh para penceramah.