Share:

Komedo membandel emang kadang bikin bingung harus dibersihin pake apa lagi supaya ilang. Nah, salah satu cara efektif buat ngusir komedo adalah pake scrub wajah.

Benjolan kecil ini muncul pada kulit wajah karena tersumbat folikel rambut. Komedo juga termasuk jerawat ringan yang biasanya ada di wajah, leher, pundak, dan leher.

Polka mau ngasih tau scrub wajah alami nih yang lebih aman dan gampang juga buat lo temui bahan serta cara bikin dan pengaplikasiannya. Lagian scrub wajah alami ini nggak bikin pori-pori wajah lo membesar dan nggak merusak kulit lho.

Srub wajah alami dari oatmeal

scrub wajah alami
via girlwithcurves.com

Scrub oatmeal ini butuh tambahan yogurt dan bubuk kulit jeruk atau kulit jeruk yang bisa lo parut. Ketiga bahan ini bisa ngebersihin, melembabkan kulit, mengecilkan pori-pori, dan ngurangin minyak serta komedo yang berlebih.

Caranya campurin aja satu sendok makan oatmeal, satu sendok teh bubuk kulit jeruk, dan dua sendok teh yogurt ke dalam mangkuk kecil dan mulai deh buat ngolesin ke daerah yang berkomedo. Diemin dulu 2-3 menit abis itu bilas pake air hangat.

(Baca juga: 5 Tips Mudah Buat Menghilangkan Kulit Wajah Kering)

Scrub madu dan gula coklat

via scoopsofjoy.com
via scoopsofjoy.com

Gula coklat sama gula aren beda ya, Polkageng. Pilih gula coklat yang berasal dari tebu. Gula coklat ini aman dipake untuk semua jenis kulit, termasuk kulit sensitif. Kalo madu kan udah ketauan banget tuh khasiatnya yang so pasti udah bagus buat kulit.

Campurin satu sendok makan gula coklat sama satu sendok teh madu, Olesin terus diemin selama 2-5 menit abis itu lo bilas deh pake air hangat. Lakukan treatment ini dua sampe tiga kali dalam satu minggu.

Lemon dan garam juga bisa lo jadiin scrub

via fitfabcities.files.wordpress.com
via fitfabcities.files.wordpress.com

Nah buat lo yang mau bersihin wajah lo, lemon dan garam bagus banget buat ngilangin semua kotoran di permukaan kulit, mencegah jerawat, dan komedo. Campurin satu sendok amkan garam, setengah sendok air lemon, dan satu sendok teh air lalu aduk.

Pas lo pake ini buat scrub jangan didiemin terlalu lama ya, Polkageng. Bilas pake air hangat terus kalo emang berasa kering, pakein minyak zaitun ya, Polkageng.