Share:

Akhir pekan telah usai. Senin seringkali menjadi momok yang menakutkan bagi pekerja. Lain ceritanya Senin, 12 Februari 2018 lalu. Hari yang tidak biasa perhelatan sebuah acara malah terpilih menjadi hari rilisnya video klip dari Westjamnation. Paviliun 28, di bilangan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan didatangi puluhan muda-mudi yang ingin merayakan peluncuran video klip berjudul “Sudah Terlambat”.

Westjamnation 1

“Sudah Terlambat” adalah sebuah ekspresi akan perasaan yang tidak sempat tersampaikan. Komposisi yang tercipta dari petikan gitar sederhana dari Rifki Afsari dan suara vokal yang khas dari Jati Andito membuat lagu ini menjadi pilihan untuk dipersembahkan kepada publik dalam bentuk video klip.

Malam itu penonton yang datang dihibur oleh penampil pembuka MJ & The Carousel. Dengan petikan gitar akustik, denting piano, dan lirik bernafaskan kehidupan remaja, duo akustik yang masih belia ini berhasil mencuri perhatian penonton.

Penampil pembuka berikutnya adalah penyanyi dan penulis lirik, Gabriel Mayo. Dengan gitar dan cajon di kakinya, ia bernyanyi menghibur dengan lagu-lagu yang diambil dari albumnya berjudul Hari Ini dan single terbaru berjudul Think Twice.

Usai penampilan Gabriel Mayo, penonton digiring masuk ke screening room untuk pertama kalinya menyaksikan video klip “Sudah Terlambat”. Kapasitas ruangan yang terbatas membuat sebagian penonton tidak dapat masuk ke ruang khusus pemutaran film tersebut.

Sebelum pemutaran video klip, pembawa acara mengajak berbincang-bincang personil Westjamnation, penari dan model Hasna Mufidah, dan visual artist yang biasa disapa Atenk “Psychobiji”. Video klip yang menggunakan teknik double exposure ini disutradarai oleh gitaris Westjamnation sendiri, Rifki Afsari.

Westjamnation 5

“Teknik ini menggabungkan dua gambar atau lebih dengan memanipulasi mode eksposur dua gambar tersebut dan digabung menjadi satu komposisi. Melalui teknik double exposure, kami menyatukan lagu, gerak bahasa isyarat, tarian, dan visual art dalam sebuah medium audiovisual” ujar Rifki Afsari.

Produksi karya audiovisual ini tidak lepas dari bantuan perempuan yang biasa dipanggil “Mufi” yang berprofesi sebagai desainer interior, penari, aktif di Gerkatin Kepemudaan dan Teater Musikal Inklusif, dan seorang tuli yang sehari-harinya menggunakan bahasa isyarat untuk berkomunikasi. Sementara itu, Atenk dengan memanfaatkan overhead projector (OHP) berhasil menciptakan keindahan warna-warni psikedelia.

Westjamnation 4

Video klip hasil kolaborasi ini membuat penonton berdecak kagum. Setiap ponsel siaga dalam moda merekam untuk diunggah ke media sosial.

“Semoga dengan rilisnya video klip Sudah Terlambat, semakin banyak masyarakat yang mengapresiasi karya-karya kami,” ungkap Jati Andito, vokalis sekaligus gitaris dari Westjamnation.

Penonton diajak kembali ke venue utama. Acara yang bertajuk #LebihIndahDariRealita: Pesta Rilis Video Musik “Sudah Terlambat” ini dilanjutkan dengan live perfomance dari Westjamnation yang membawakan nomor-nomor dari self-titled album dan dua lagu terbaru yang belum sempat direkam, yaitu “Stay” dan “Girl on the Rainbow”.

Westjamnation 6

Khusus di lagu “Sudah Terlambat”, Westjamnation mengajak kembali Mufi ke atas panggung untuk menginterpretasikan lagu ini dan langsung dipancarkan sinar berwarna-warni dari OHP oleh Atenk. Penonton terkesima akan keindahan warna-warni yang tercipta dari padu padan tinta-tinta, alunan musik, dan penampilan Mufi lewat bahasa isyarat dan tari kontemporernya. Sebuah performa musik mengagumkan yang memanjakan indera lewat audio maupun visual.

Westjamnation 3

Setelah “Sudah Terlambat”, dua lagu berikutnya Atenk masih memberikan sajian visual untuk Westjamnation. Penampilan grup musik yang terdiri dari Rifki Afsari pada gitar dan Jati Andito pada vokal/gitar ditutup dengan kolaborasi bersama Michael Felisianus di lagu “Holiday”. “Holiday” menjadi epilog dari Westjamnation yang mengingatkan siapa saja untuk rehat sejenak dari hiruk pikuk pekerjaan dan ambillah waktu berlibur. Gemuruh tepuk tangan pun memenuhi Paviliun 28 saat Westjamnation pamit undur diri.

Acara belum benar-benar berakhir. Masih ada penampilan dari DJ Nitja yang akan menenangkan suasana. Menemani sesi santai pengunjung yang masih ingin menikmati euforia penampilan dari Westjamnation. Penonton yang hanyut dalam sebuah dimensi yang lebih indah dari realita.