Share:

Pengumuman SBMPTN sudah lewat, pun pengumuman seleksi di beberapa ujian mandiri kampus idaman. Lo belum beruntung untuk masuk PTN dan nggak mau kuliah di swasta? Mending lo ikuti tips gap year ini aja!

Tunggu, tunggu. Apa tuh maksudnya “gap year“?

Gap year itu adalah keadaan di mana selama setahun penuh lo memutuskan untuk tidak berkuliah di kampus formal dan berfokus terhadap sesuatu. Nah lo juga sekalian mempersiapkan untuk mengambil kuliah yang lo butuhkan di tahun depan. Gitu, Polkageng!

Lo ada yang begini nggak? Tentu aja gap year itu ada plus dan minusnya. Oh iya, Polka mau bilang bahwa walaupun lo masuk kuliahnya tertunda setahun, itu nggak berarti kalo lo itu gagal ya. Semua itu berjalan sesuai waktu yang tepat.

Nah kalo lo akhirnya memutuskan untuk gap year selama setahun ini, ada baiknya kalo lo mengikuti tips ini supaya lo bisa lebih keren dibanding teman-teman lo yang udah kuliah duluan! Ini nih.. pasti ampuh!

Tips gap year yang bisa lo lakukan adalah dengan ngeles pelajaran secara intensif

Tips Gap Year
belajar yang bener jangan disia-siakan, Polkageng via pexels.com

Kalo ini sudah barang pasti banget, ya, Polkageng. Rugi banget kalo lo nggak belajar secara sungguh-sungguh. Momen ini pas banget buat lo, Polkageng.

(Baca juga: Jurusan Kuliah yang Sering “Disepelekan” Tapi Punya Prospek Bagus untuk Masa Depan)

Selanjutnya, lo juga bisa ikut untuk magang dan internship di beberapa bidang yang lo sukai

Tips Gap Year
ini pas banget untuk mengembangkan skill lo di dunia kerjaan via unohama.edu

Yoi, lo bisa luangkan waktu dengan ikutin magang di perusahaan yang lo suka. Jadi, semenjak sekarang kalo bisa lo udah mulai lamar-lamar kerjaan untuk magang, Polkageng.

Selain itu, lo juga bisa asah kemampuan lo dibidang lain dengan kursus masak, menjahit, dan menyanyi

Tips Gap Year
ayo lebarkan sayap ke hal lain, polkageng via pexels.com

Lo kan pasti punya hobi-hobi yang terpendam tuh. Nah karena lo luang setahun ini, kenapa nggak coba buat ngelesin skill lo ini supaya makin terasah, Polkageng? Siapa tahu jalan lo ada di sini.. Iye nggak?

Kalo males kursus dan magang, lo juga bisa ikuti tips gap year yang satu ini. Melakukan bisnis

Tips Gap Year
bisnis online udah paling bener sih via shutterstock.com

Nah lo juga bisa melebarkan sayap lo dengan berbisnis berbasis online dan internet, Polkageng. Bisa makanan, baju, atau apapunlah. Hitung-hitung lo juga bisa belajar mandiri, Polkageng.

(Baca juga: Lo Bakal Banyak Menemukan Pelajaran Hidup, Kalo Lo Memutuskan untuk Kuliah di Perantauan!)

Jangan lupa juga untuk belajar bahasa asing yang lain, supaya bisa menguasi banyak bahasa aja. Berguna loh!

Tips Gap Year
bisa nih siapa tau lo punya banyak temen bule dan bisa jadi guide gitu. Mayan kan via theoddyseyonline.com

Wes kan keren kalo lo belajar bahasa lain dan menguasi banyak bahasa. Berguna banget loh sumpah! Dan bisa juga mendatangkan koneksi dan rezeki. jadi, marilah les bahasa asing, Polkageng!

Tuh, gap year itu banyak waktu banget untuk mempersiapan diri lo menjadi pribadi yang lebih baik lagi sebelum memasuki dunia perkuliahan, Polkageng.