Share:

Kali ini Polka bakalan mau ngasih tips masuk akpol buat lo yang terartik mau mengabdi untuk negara ini, Polkageng. Sebagian besar anak kecil pasti kalo ditanya nanti gede mau jadi apa, jawabannya adalah menjadi polisi.

Nah salah satu cara untuk menjadi polisi, lo harus masuk dulu Akademi Polisi, Polkageng. Lo nggak bisa asal jadi polisi tanpa mengikuti jenjang pendidikan.

Bisa sih tanpa pendidikan, lo bisa daftar ke AKPOLDUR alias akademi polisi tidur. Hahaha. Garing.

Nah buat lo yang mau menjadi Polisi dan ngincer Akpol nanti setelah lo lulus, lo bisa ikuti tips yang bakal Polka kasih ini, Polkageng. Soalnya nih, ya masuk Akpol itu beuh susah banget. Hanya orang-orang yang terpilih aja yang bisa masuk sini.

Iya itu dilakukan supaya polisi di Indonesia tuh bagus-bagus, Polkageng. Yap. Buat lo yang mau jadi abdi negara, seperti lo perlu baca tips masuk Akpol ini supaya lo bisa jadi polisi yang membanggakan di Indonesia!

Tips masuk Akpol yang pertama itu lo harus mempersiapkan diri minimal setahun sebelum lo lulus SMA

Tips Masuk Akpol
minimal banget setahun untuk mengejar cita-cita lo

Nah ini menjadi poin penting. Biasanya, ada pelatihan khusus gitu Polkageng buat lo yang tertarik masuk Akpol. Minimal lo harus mempersiapkan itu setahu sebelumnya, Polkageng.

Setelah itu, lo harus persiapkan nilai akademik sebaik mungkin

Pendidikan di Finlandia
via hispaincescfund.com

Nggak hanya mesti fisik yang kuat, menjadi bagian dari Polisi Republik Indonesia juga harus disokong dengan pendidikan dan otak yang cerdas, Polkageng. Makanya, mumpung belum terlambat, mending sekarang lo perbaiki nilai-nilai lo. Ini bisa menjadi nilai tambah ketika lo daftar untuk menjadi Akpol nanti, Polkageng!

(Baca juga: Tahun Ini Lo Memutuskan untuk “Gap Year”? Ikuti Tips Ini Biar Setahun Lo Bisa Berguna dan Bermanfaat!)

Setelah itu lo juga harus latihan fisik sejak dini!

Tips Masuk Akpol
ini sih mutlak harus lo punya

Ini yang paling penting, Polkageng. Sebagai polisi, lo bakal banyak terlibat dalam aktifitas fisik. Makanya, salah satu syarat menjadi seorang Akpol ya harus kuat fisiknya. Sebagai gambaran, lo harus bisa berlari mengelilingi lapangan sepakbola dalam waktu 12 menit. Terus juga tes pull up, push up, sit up dalam waktu 1 menit. Terakhir, lo harus bisa lari cepat selama 16 detik.

Setelah itu, lo harus bisa renang sejauh 25 meter.

Nah sisi psikologi lo juga harus bagus, karena bakalan ada tes psikologi

Yap. Sebagai seorang polisi, lo harus punya aksi yang cepat yang kadang nggak ada di buku teori lo, Polkageng. Makanya, salah satu syarat kalo lo mau masuk Akpol ya dengan banyak baca buku, dengan berpikir untuk memecahkan masalah dan menjadi seorang yang dewasa! Intnya jangan egois, manja, dan mau menang sendiri aja, Polkageng

(Baca juga: Hobby Mengoleksi Hello Kitty, Pensiunan Polisi ini Dapet Rekor Dunia Lho!)

Jaga kesehatan karena bakalan ada tes kesehatan

I hate to say it tapi kalo mata lo minus, bakalan susah untuk masuk menjadi seorang Polisi, Polkageng. Seorang Akpol nggak boleh buta warna dan punya penyakit berat seperti jantung gitu. Terus juga minimal lo harus punya tinggi sekitar 165 cm, Polkageng. Jadi sekarang kurangi dah tuh makan junk food-nya.

Tips masuk Akpol lainnya adalah lo harus menanamkan diri lo jujur dan cinta Indonesia serta kedamaian!

Tips Masuk Akpol
kalo cuma buat gaya-gayaan sih jangan deh

Kalo lo udah punya beda niat, mending urungkan niat lo menjadi seorang taruna Akpol deh, Polkageng. Soalnya, lo bakal mengabdi untuk negara beberapa tahun ke depan. Makanya, lo diharuskan banget cinta Indonesia dan kedamaian serta hindari dengan menyogok supaya bisa masuk Akpol. Jangan pernah ya, Polkageng!

Yap itulah beberapa tips yang bisa Polka kasih untuk lo semua yang mau masuk Akpol. Semoga lo bisa menjadi seorang yang lebih baik yaaa!
https://www.youtube.com/watch?v=_YSNWc7NcC8