Share:

Setelah berperan sebagai wadah bagi pelaku fashion muda Indonesia selama lebih dari empat tahun, UI Fashion Week 2018 kembali hadir pada tanggal 10-13 Mei 2018 di Kuningan City Multifunction Hall. Bekerja sama dengan Asosiasi Perancang Pengusaha Muda Indonesia, Indonesia Fashion Week, Jakarta Fashion Week, Vice Indonesia, Femina, Jakarta Creative Minds, ESMOD Jakarta Course Center, Make Over, serta Union Space dan V Office, UI Fashion Week 2018 akan mengusung tema “Beyond Stereotypes” yang berfokus pada kebebasan berekspresi individu dalam ranah fashion.

Peragaan busana yang dilaksanakan selama 4 hari ini juga akan turut diramaikan oleh sesi Talk Show, sesi Workshop dari ESMOD, Pop Up Retail, hingga bazaar makanan dan minuman. Tidak hanya itu, UI Fashion Week 2018 juga mengadakan dua pre-event pada beberapa bulan sebelumnya, yaitu Model Search serta Young Potential Fashion Designer Competition. Acara puncak akan dilaksanakan pada hari terakhir, 13 Mei 2018, dengan bentuk Appreciation Night terhadap seluruh pemenang dari preevent UI Fashion Week 2018.

Pemilihan tema “Beyond Stereotypes” didasarkan kepada kekhawatiran UI Fashion Week terhadap banyaknya individu yang belum dapat menyuarakan karakternya secara lantang melalui fashion. Lahirnya berbagai stereotip terhadap gaya tertentu telah dilakukan secara sadar maupun tidak sadar oleh masyarakat luas.

Berbagai stigma dan label tersebut menjadi hal yang dianggap wajar, sehingga individu kian terbelenggu dan tidak dapat mengekspresikan dirinya secara bebas. Persepsi akan gaya androgynous yang rebellious , gaya hijab yang dianggap kurang eksploratif, hingga batik yang terkesan kaku merupakan tiga dari sekian banyak preferensi gaya yang telah dicap negatif. Oleh karena itu, UI Fashion Week 2018 dengan tema terbaru “Beyond Stereotypes” berusaha untuk mendorong seluruh individu untuk menyuarakan karakter serta identitasnya melalui berbagai gaya yang luas dan bervariasi.

Dengan konsep yang menampilkan keberagaman gaya, kebebasan berekspresi serta pilihan individu dalam ranah fashion tidak lagi dibatasi oleh standar-standar tertentu. Tema ini akan diimplementasikan dalam berbagai aspek pada acara, seperti konsep baju dan desainer yang beragam, wajah dari berbagai model yang unik, diskusi Talk Show yang menarik, serta konsep dekorasi yang berbeda dari tahun-tahun sebelumnya.

Melalui tema ini, UI Fashion Week 2018 menjalankan peran utamanya sebagai wadah pembelajaran yang apresiatif bagi seluruh talenta dan pelaku fashion muda Indonesia untuk mengembangkan bakatnya lebih dalam lagi. Para desainer serta pengusaha muda pun diberikan kesempatan seluas mungkin agar dapat mengepakkan sayapnya lebih jauh di dunia fashion dan bisnis Indonesia.